Menggenggam Dunia Melalui Buku

About Wandi

Foto saya
I am a student who is studying Metallurgical and Material Engineering intake 2006. My hobby is doing some sports such volley ball, football, and badminton,,, also i like writing many ideas appear from my mind and i love my life. Here, I am trying to write down something usefull and contribute it for my lovely friends who is meaningfull and surviving for alive. If you wanna know about me more or for being my friend, please visit me on http://www.friendster.com/wandigtw
Powered By Blogger

Bumi Bulat

Seorang anak kecil bernama Echi, sedang berdiri di pinggiran pantai. Ia memandang jauh ke arah laut. Dan.. Lihat! Ada sebuah kapal yang sedang berlayar di tengah pantai. Tapi, lama kelamaan kapal tersebut semakin jauh dari pandangan hingga akhirnya menghilang.

Berhubung karena Echi adalah anak yang sangat suka melihat kapal, maka tidak nanggung-nanggung, ia pun naik ke atas genteng rumah. Akhirnya, ia bisa menyaksikan kapal itu lagi. Tapi lambat laun, kapal layar itu pun hilang dari pandangan.

untitled1.JPG

Sore harinya, Echi menunggu kapal layar itu datang lagi. Siapa tahu kapal akan pulang karena hari telah berganti senja. Benar saja, tidak lama kemudian, kapal pun kembali menunjukkan ujung layarnya, sebagian badan kapal, hingga kapal terlihat jelas keseluruhan dan mendekat ke bibir pantai.

Apa ide yang muncul di benakmu? Bumi itu bulat. Echi tidak dapat menyaksikan kapal dari pantai karena ada cekungan yang menutupi kapal. Ibarat lingkaran, jika dipandang secara dua dimensi, cekungan tersebut mempunyai titik yang tiada habisnya (lingkaran adalah kumpulan titik), sehingga kapal akan kembali ke titik yang sama.

Ya, ide inilah yang mengawali perjalanan Columbus berlayar mengelilingi dunia, untuk membuktikan bahwa dunia itu bulat.

0 komentar:

Your Ad Here